Al Mahrusiyah kerjasama Google Suite Education

Google sebagai Perusahaan Raksasa Teknologi Informasi memberikan layanan G Suite Education bagi intitusi pendidikan yang mempunyai banyak manfaat bagi intutusi pendidikan.  G Suite Education adalah sebuah produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru dan juga santri/wati & siswa/i untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.

Saat ini Yayasan Al Mahrusiyah telah terdaftar dan dapat menggunakan layanan G Suite Education. Untuk menggunakan layanan G Suite saat ini TIM IT Yayasan Al Mahrusiyah telah melakukan migrasi data email ke akun G Suite Education. Diharapkan dengan adanya layanan G Suite Education meningkatkan produktivitas di lingkungan Yayasan Al Mahrusiyah.

Google Classroom merupakan perangkat utama dari g suite for education dimana perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan oleh guru & siswa untuk mengatur kegiatan kelas seperti membuat kelas, mengirim tugas ke seluruh siswa, mengirim saran dan yang paling penting semuanya dilakukan dalam satu tempat, mudah dan berbasis online. Google Classroom merupakan fitur E-learning dalam G Suite Education.

Dengan G Suite for Education pengguna akan mendapat fasilitas email dari Google dengan storage Unlimited lalu perlindungan data yang sangat aman dari google dan yang paling menarik adalah nama email akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan. Jika biasanya menggunakan akun gmail yang gratis maka formatnya nama@gmail.com dengan menggunakan G Suite for Education maka formatnya menjadi nama@almahrusiyahlirboyo.sch.id

G Suite Education juga menyediakan tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan, dengan storage unlimited bagi seluruh guru, karyawan & siswa. Dengan google drive semua data akan disimpan di penyimpanan milik google yang keamanannya pun sangat terjaga dan terjamin..

Google hangout adalah fasilitas dari Google for education untuk melakukan chat, video call atau video call secara group. Sehingga ketika pimpinan, staf, pengajar sedang berada diluar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Hangout maka meeting sudah bisa dilakukan.

Dalam Google Calendar yang disediakan bukan hanya untuk menunjukan tanggal, bulan, dan tahun. Banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan. Yaitu, mengatur jadwal meeting, kegiatan, acara lalu dengan mengundang peserta meeting maka semua group yang diundang akan menerima email undangan sehingga anda tidak perlu lagi menghubungi satu persatu.

Yang membedakan google office dengan produk yang selama ini kita gunakan adalah google office (DOCS, SHEET, SLIDES) dapat dilakukan dengan berkolaborasi. Maksudnya misal ada tugas, tugas kuliah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup buat satu file baru lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan mereka semua dapat langsung mengerjakan tugas tersebut.

Google Sites merupakan fasilitas dari g suite for education untuk membuat website lembaga / pribadi. Anda dapat mengatur isi kontennya, menunya, dan desainnya dengan keinginan anda sendiri.

Google Vault berfungsi untuk mengarsipkan semua data seperti email, g drive, chat dan lainnya sehingga tidak perlu merasa khawatir jika ada kehilangan data dan sebagainya karena google vault dapat menyimpan data.

Kelebihan G Suite for Education yang pertama adalah kemudahan dalam berkolaborasi dalam hal membuat, mengubah, berbagi data secara real time. Semua orang dapat membuka satu laman yang sama dan jika ada perubahan maka file tersimpan secara otomatis di cloud.

Dapat digunakan diperangkat apa saja. Ya, dalam layanan G suite for education anda dapat membukanya dari laptop, tablet, maupun handphone dengan tetap mudah karena layanan ini telah di atur cocok dengan semua perangkat sehingga tidak mengalami kesulitan apapun dan pastinya dapat dibuka kapan saja dan dimana saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *