Perkuat Sinergi antar Lembaga, Pers Mahrusy Gelar Sarasehan dan Bedah Majalah

Lirboyo, (11/04)

Ahad (11/04) Pers Mahrusy untuk pertama kalinya menghelat acara sarasehan bersama Pimpinan Yayasan Al-Mahrusiyah. Acara dengan tajuk utama “Sarasehan Pers Mahrusy: Mengikat Silaturahmi dan Bedah Majalah Elmahrusy” ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antar lembaga yang berada dibawah naungan Yayasan Al-Mahrusiyah.

Seperti sambutan yang di bawakan Oleh Bapak Nahrowi sebagai pimpinan umum Pers Mahrusy, “acara ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar lembaga supaya bisa saling bersinergi untuk bersama memajukan Dunia Jurnalistik dan Literasi Santri di Yayasan Al-Mahrusiyah” tutur Pimpinan Umum Alumnus IAI Tribakti ini. Hal tersebut memang dibenarkan, Yayasan Al-Mahrusiyah yang ditempati lima ribuan santri ini memang perlu wadah untuk mengembang skill santri dibidang Jurnalisme dan Literasi.

Galeri Acara yang berlangsung di Aula MA Al-Mahrusiyah

Selain bersinergi, acara tersebut diisi dengan acara bedah Majalah Elmahrusy edisi 15 dan presentasi The Rules (Buku Pedoman Pers Mahrusy -red) sebagai acuan utama berjalannya program yang ada di Pers Mahrusy. Bapak Ardan By chully sebagai presentator memaparkan dengan tuntas semua isi yang ada di buku The Rules tersebut. Diakhir sesi, Para audiens memberi apresiasi dan aspirasi dalam sesi tanya jawab yang di berikan.

Pada  sambutannya Bapak Miftahul Huda selaku Kepala Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Yayasan Al-Mahrusiyah memberi apresiasi penuh dan siap mendukung program-program Pers Mahrusy baik dari Moril maupun sarana dan alat-alat yang di butuhkan oleh Pers Mahrusy, “kami balitbang siap membantu apapun itu yang perlu dibutuhkan Pers Mahrusy, namun penting untuk menjaga komunikasi supaya tidak terjadi Mis Comunication” Tutur bapak Huda yang juga pernah menjadi Guru SMK Al-Mahrusiyah ini.

Bapak Taufiq Hidayat selaku Kepala MA Al-Mahrusiyah juga mendorong kepada semua pihak untuk saling membantu berjalanya Pers Mahrusy, beliau juga mengapresiasi berjalannya Pers Mahrusy dengan anggapan berjalan dengan modal tawakal, “Pers Mahrusy ini sejak mula berdirinya memang berjalan dengan tawakal pak, kesana kemari mengemnbangkan kreatifitas santri dibidang jurnalistik dan literasi, maka sudah waktunya bagi kita untuk mengawal,” Tutur Kepala Sekolah yang juga Alumni MHM ini.

Selanjutnya Bapak Mu’in selaku Kepala SD Al-Mahrusiyah juga menanggapi dan memberi saran kepada Pers Mahrusy agar bisa Menambah lagi Rubrik Majalahnya supaya para pembaca  khusunya anak-anak juga bisa menikmati majalah yang sesuai umurnya, “Mohon untuk ditambahkan rubrik khusus buat anak-anak Mas, jangan hanya yang berat-berat saja,” tutur bapak mu’in.

Bapak Zainurohman Akbar selaku Ketua Satu Pondok Al-Mahrusiyah Putra pun juga memberi masukan kepada Pers Mahrusy untuk memfilter konten-konten yang di Upload, “kami mohon kepada admin Elmahrusy Media untuk memfilter konten yang akan di Upload, sekiranya pantas apa tidak dikonsumsi khalayak umum, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.” Tutur Bapak Zainurohman yang juga pengajar SMP Al-Mahrusiyah ini.

Tidak hanya itu, acara tersebut tambah berisi karena bapak Saiful As’ad selaku Staf Ahli, Memberi Motivasi dan amalan-amalan yang beliau dapat langsung dari KH. Idris Marzuki supaya para Penulis Pers Mahrusy lebih Mudah untuk mendapat ide-ide cemerlang. Di tambah Bapak Saiful As’ad ini adalah penulissenior yang sudah melahirkan banyak buku karya tulis, beliau menuturkan siap membimbing dan mengarahkan tim Pers Mahrusy agar lebih baik kedepannya, “Saya siap untuk kembali membantu dalam jalanya Pers Mahrusy ini, silahkan pintu rumah saya terbuka untuk kalian,” tutur Bapak Saiful yang juga mantan Staf Ahli Majalah Misykat ini. Selesai memberikan motivasi, Bapak Saiful memungkasi dengan rapalan do’a.

Pers Mahrusy sendiri merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Mahrusiyah yang khusus membidangi dalam dunia Literasi, jurnalis pesantren, penerbitan, meliput dan mempublikasikan acara serta sebagai Badan Media milik Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah. Awal mula berdirinya Pers Mahrusy atas dasar kesadaran akan pentingnya literasi dan jurnalisme pesantren oleh tujuh orang santri siswa MA Al-Mahrusiyah Angkatan 2016. Mereka memiliki sebuah gagasan untuk membuat wadah literasi bagi santri Al-Mahrusiyah melalui majalah yang kemudian diberi nama Majalah Elmahrusy dan berkembang menjadi lembaga pers.

Pada 19 November 2016 yang bertepatan dengan Haul ke -5 KH. Imam Yahya Mahrus sang Pendiri Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah, Pers Mahrusy untuk pertama kali  menerbitkan Majalahnya yang. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2018 Pers Mahrusy  berada dibawah naungan Yayasan Al-Mahrusiyah. Peresmian tersebut di tanda tangani langsung oleh KH. Melvien Ainul ‘Asyiqien sebagai Pengasuh Pondok dan turut di tanda tangani juga oleh beberapa Pembina Pers Mahrusy diantaranya: Agus H. Aly Ustman, Agus H. Izzul Dliyaullah selaku Penanggung jawab dan Bapak Taufiq Hidayat serta Bapak Imam Washoli sebagai penasehat. yang mana bebarengan dengan diadakan Ngaji Jurnalstik Yang bertempat di Aula MA Al-Mahrusiyah. 

Pada perkembangannya Pers Mahrusy tidak hanya fokus pada penerbitan majalah saja, namun kini Pers Mahrusy juga merambah ke media sosial juga seperti Instagram, youtube, facebook, twitter dan website. Sehingga harapannya Pers Mahrusy bisa menjadi pintu utama informasi yang bisa di nikmati oleh khalayak umum baik dari alumni, pemerhati, maupun masyarakat luas.

Pers Mahrusy dari tahun-ketahun terus berkarya dan meningkatkan kualitas kinerjanya di buktikan dengan bertambahnya program-program seperti kelas menulis, kelas fotografi dan kelas karikatur yang diadakan dua minggu sekali baik di pondok putra maupun putri. Hasilnya setiap minggu Pers Mahrusy Menerbitkan buletin sebagai wadah hasil tulisan santri. Untuk buletin hasil tulisan santri putri diberi nama Buletin Sun’s dan yang putra Buletin Mahrusy Times. Dalam bidang media Online Pers Mahrusy dikenal dengan nama akun Elmahrusy Media.

Wartawan- Mualim Zarkasyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *